Resep asam padeh ikan tongkol dari listo

Resep asam padeh ikan tongkol dari Listo adalah hidangan khas Sumatera yang memiliki rasa pedas dan asam yang khas. Hidangan ini cocok disajikan saat makan malam bersama keluarga.
Resep asam padeh ikan tongkol dari listo

Resep Asam Padeh Ikan Tongkol dari Listo

Resep asam padeh ikan tongkol dari Listo adalah hidangan khas Sumatera yang memiliki rasa pedas dan asam yang khas. Hidangan ini cocok disajikan saat makan malam bersama keluarga.

Bahan-bahan:

Bahan Jumlah
Ikan tongkol 500 gram
Cabai merah 5 buah
Cabai rawit 10 buah
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Kunyit 2 ruas
Jahe 2 ruas
Serai 2 batang
Daun salam 3 lembar
Daun jeruk 3 lembar
Jeruk nipis 2 buah
Gula merah 1 sdm
Garam 1 sdt
Air 500 ml
Minyak secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, bersihkan ikan tongkol dari kotoran dan sisihkan.
  2. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan jahe.
  3. Panaskan minyak di dalam wajan dan tumis bumbu halus, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
  4. Tambahkan air, gula merah, dan garam. Aduk rata.
  5. Masukkan ikan tongkol dan masak hingga ikan matang.
  6. Sajikan dengan irisan jeruk nipis dan nasi putih.

Hidangan asam padeh ikan tongkol merupakan hidangan khas Sumatera yang memiliki rasa pedas dan asam yang khas. Hidangan ini biasanya disajikan saat makan malam bersama keluarga.

Untuk membuat hidangan ini, pertama-tama kita perlu mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan asam padeh ikan tongkol adalah ikan tongkol, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, serai, daun salam, daun jeruk, jeruk nipis, gula merah, garam, air, dan minyak.

Setelah semua bahan telah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan ikan tongkol yang akan digunakan sebagai bahan utama dalam hidangan ini. Bersihkan ikan tongkol dari kotoran dan sisihkan.

Selanjutnya, haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan jahe. Panaskan minyak di dalam wajan dan tumis bumbu halus, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.

Setelah itu, tambahkan air, gula merah, dan garam. Aduk rata. Masukkan ikan tongkol dan masak hingga ikan matang. Jangan lupa untuk menambahkan irisan jeruk nipis agar rasa asam pada hidangan ini semakin terasa.

Hidangan asam padeh ikan tongkol ini sangat cocok disajikan bersama nasi putih hangat. Dapat juga ditambahkan dengan sayuran seperti kangkung atau daun singkong sebagai pelengkap. Selamat mencoba!

Related video of Resep asam padeh ikan tongkol dari listo